Selasa, 30 November 2021

Mengajar itu Menyenangkan




"Guru memang bukan orang hebat tetapi semua orang hebat adalah berkat jasa dari seorang guru". pesan ini dikirimkan oleh salah seorang orang tua murid disalah satu medsos saya. Pesan ini mampu menciptakan senyum di wajah ini dan membangkitkan semangat baru yang mungkin juga dirasakan oleh seorang guru. 

Seorang guru tetaplah seorang guru, namun seorang murid yang awalnya kita panggil nak, mungkin beberapa tahun kemudian kita sudah memanggil nya bapak/ibu dan akan senang sekali melihat kesuksesan yang sudah mereka capai karena cita-cita seorang guru hanyalah melihat kebahagian dan kesuksesan peserta didik terkasih.

Saat ini proses pembelajaran berlangsung sangat berbeda dengan biasanya, banyak hal baru yang harus mampu kita adaptasi. 
Salah satu hal yang menjadi tantangan adalah proses dalam pengumpulan tugas, dalam hal ini saya melakukan diskusi kepada siswa bagaimana proses pengumpulan tugas yang mereka ingin lakukan.
beberapa dari mereka ingin membuat suatu projek reaksi kimia dari proses membuat martabak dan donat, beberapa ada yang mau hanya mengerjakan latihan soal, dan beberapa ingin membuat video presentasi yang berkaitan dengan topik materi yang sedang dipelajari.

Sehubungan dengan hal tersebut sayapun mulai membuat video untuk menjelaskan bagaimana proses kimia membuat martabak dan donat. Saya mulai mempelajari bahan -bahan yang dibutuhkan dan kandungan kimia yang terdapat dalam setiap bahan yang ada.

Dalam pembuatan video saya dibantu oleh suami dan anak-anak saya, mereka sangat menikmati proses pembuatan dan mulai menanyakan banyak hal terkait proses pembuatan martabak dan donat serta semangat menghasilkan produk yang mereka buat. Kami sangat menikmati waktu kebersamaan yang terbentuk secara tidak sengaja.

Video yang sudah jadi saya tunjukkan kepada semua siswa sekaligus menjelaskan setiap reaksi yang terjadi dari setiap proses, sehingga mereka dapat memahami dan menciptakan makanan mereka dengan cara mereka.

Saya berikan waktu 2 minggu untuk mereka menyelesaikan video dan juga penjelasan reaksi yang ada. dan hasilnya sangat menakjubkan mereka mengumpulkan tepat waktu dan videonya lebih menarik dari yang saya berikan .

Mereka pun mampu menjelaskan reaksi kimia yang terjadi pada setiap tahapan prosesnya.
Mereka sangat senang dan menikmati hasil kue buatan mereka sendiri. plus mendapat nilai yang baik untuk pelajaran mereka.

Saya bertanya dengan mereka aplikasi yang mereka gunakan dalam membuat video, beberapa ada yang menggunakan canva dan beberapa menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya.

Sayapun mengutak atik youtube untuk mencari bagaimana membuat video pembelajaran yang menarik melalui aplikasi canva. dan saya pun mulai pelan-pelan mempelajarinya. 
Saat itu ada pesan masuk digrup whatsaap AISEI ada webinar pelatihan membuat video pembelajaran dan Om jay sebagai narasumbernya.

Wooww saya sangat senang sekali saat membaca undangan virtual tersebut pucuk dicinta ulam pun tiba, seperti kata pepatah.
Saya pun mengikuti kelas pembuatan video pembelajaran tersebut, dan ternyata AISEI mengadakan lomba membuat video pembelajaran untuk bapak/ibu guru di tanah air, sungguh termotivasi oleh pemaparan Om jay sayapun mengajukan diri dan mendaftar sebagai peserta, sebagai pemacu saya untuk terus belajar membuat pembelajaran menarik pada murid.

Saya pun mendaftarkan diri pada jenjang sd dan sma, dan tepat pada hari guru pengumuman pemenang dilaksanakan. Puji Tuhan saya masuk peringkat 12 besar , belum menjadi juara favorit ataupun juara pertama secara perhitungan panitia, namun saya sangat senang sudah mampu membuat video pembelajaran yang menarik , karena video yang saya lombakan sekaligus video yang saya bagikan sebagai materi ajar saya disekolah, saya sungguh senang bisa belajar, berbagi dan menginspirasi, beberapa teman guru yang melihat video tersebut bertanya bagaimana cara membuat video tersebut dan saya pun memberitahukan bagaimana saya bisa membuat itu. sangat senang sekali walau memang dibutuhkan waktu untuk mempelajarinya, namun saat video itu bisa membantu untuk memahami pelajaran lebih baik lagi itu menjadi suatu kebanggaan dan kesenangan tersendiri.

Guru dari berbagai daerah penjuru tanah air mengikuti lomba ini dan saya sangat senang bisa mengenal dan memiliki teman baru dalam komunitas ini. Sungguh luar biasa saat setiap guru memiliki visi misi yang sama untuk terus belajar demi kemajuan pendidikan dinegri tercinta,


Salam Literasi,


Leni Priska

1 komentar:

  1. Baru tau, kalo punya blog. 😁

    Sebagai guru memang sangat menyenangkan. Apalagi ketika bisa berbagi, tidak cuma kepada siswa. Namun juga guru-guru lainnta

    BalasHapus

Murid ulang tahun, Guru mendapat kado

 Februari berseri, Murid Ulang tahun Guru Mendapat Kado Kegiatan disekolah pada umumnya belajar dan belajar, bagaimana memberikan warna da...