Rabu, 21 Oktober 2020

Peran Teknologi Menyenangkan Dalam Pembelajaran


Peran Teknologi Terkini Dalam membuat Pembelajaran Daring (Online) dan Luring (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan.



Pembelajaran daring dan pembelajaran luring, kira-kira apa makna kata tersebut?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kemendikbud, Daring adalah akronim dari dalam jaringan, dimana ini terhubung melalui jejaring komputer,internet dan sebagainya.

Kegiatan ini dapat dilihat melalui kelas online yang menggunakan beragam aplikasi, contohnya dengan zoom meeting,google meet, teams dan sebagainya. Dimana semua kegiatan proses pembelajaran ini menggunakan jaringan internet, komputer,ataupun handphone.

Sedangkan Luring adalah akronim dari luar jaringan, dimana ini diartikan terputus dari jejaring komputer. 

Kegiatan ini dapat kita lihat melalui program televisi, radio ataupun melalui penugasan atau proyek-proyek yang diberikan oleh guru, dimana nantinya pengumpulan akan diatur untuk diberikan langsung ke sekolah dengan jadwal khusus ataupun dilakukan penjemputan ke setiap rumah masing-masing peserta didik.

Proses pembelajaran luring ini dilakukan untuk menjangkau wilayah-wilayah yang tidak memiliki akses internet dan juga untuk setiap guru ataupun siswa yang tidak memiliki peralatan seperti komputer,handphone ataupun gadget. Dengan adanya pembelajaran luring maka proses pembelajaran pun tetap dapat terlaksana.

Saat ini  seluruh dunia merasakan dampak  karena terserang oleh yang namanya virus Co-19, dari keadaan ini banyak yang telah menjadi korban atas pandemi virus korona ini. Baik dari segi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. 

Banyak perubahan-perubahan yang terjadi akibat dampak pandemi ini. Dalam aspek pendidikan pun sistem pembelajaran memiliki gaya baru dalam prosesnya. Pada kondisi ini semua pihak mencoba hal-hal baru dengan berinovasi agar dapat menjadikan keadaan lebih stabil dan peran teknologi sangat berperan besar didalamnya.

Salah satu cara yang dilakukan agar penyebaran virus Co-19 tidak semakin merajalela adalah dengan melaksanakan proses pembelajaran melalui Pembelajaran Daring (online) dan Luring (offline).

Setiap proses pembelajaran daring dan luring bukanlah merupakan hal yang mudah untuk dijalani oleh semua pihak  dibutuhkan koordinasi dan kerjasama antara dinas pendidikan, sekolah dan orang tua agar tercapainya proses pendidikan yang kreatif dan menyenangkan .

Berkurangnya interaksi sosial antara para peserta didik dengan guru ataupun teman-temannya ini sangat mempengaruhi psikologis dari peserta didik itu sendiri dimana kita ketahui menurut data dari survei Unicef  66% siswa tidak nyaman belajar dirumah, inilah suatu tantangan yang harus kita perjuangkan untuk generasi penerus bangsa bagaimana menciptakan kenyamanan dan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran ditengah pandemi yang sedang berlangsung saat ini, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik

Sekolah Saint Peter yang terletak di DKI Jakarta tepatnya di Kelapa Gading Jakarta Utara, melakukan proses pembelajaran daring dimana menggunakan jaringan internet, segenap guru,pihak sekolah, dan peserta didik, menjalankan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah demi keselamatan dan kesehatan bersama. Hal ini tidak mengurangi semangat belajar baik dari tim guru ataupun para peserta didik.

Salah satu mata pelajaran yang agak sulit dilakukan dengan pembelajaran daring saat kondisi pandemi ini adalah matematika, Sekolah Saint Peter memiliki cara yang cukup baik untuk mengatasi problem ini, melalui aplikasi teams, zoom meeting, dan aplikasi ace learning serta aplikasi koobits yang diterapkan pada pembelajaran matematika  dan juga peran serta orangtua ,guru yang selalu mendukung dengan memberikan yang terbaik untuk anak-anak tercinta ,membuat  minat peserta didik dalam pelajaran matematika lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Beberapa peserta didik  mengikuti lomba olimpiade matematika tingkat internasional pada tanggal 3 Oktober 2020, yang dikenal dengan nama Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO). 

Persiapan belajar dan pembimbingan peserta didik untuk mengikuti kompetisi SEAMO ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi yang sudah digunakan seperti contohnya zoom meeting, teams, aplikasi ace learning dan koobits. Saat jam pembelajaran berakhir para peserta didik lain beristirahat, namun mereka dan para guru tetap semangat berlatih soal-soal dengan metode pembelajaran daring. 

Perjuangan peserta didik, yang didukung oleh orangtua dan para guru pun membuahkan hasil yang gemilang, 

Mereka berhasil membawa harum nama bangsa Indonesia dikancah Internasional dengan memboyong 5 Medali Perunggu :

1. Ethan Davidson (Kelas 2 SD)

2. Pauline Izzela Prawira (Kelas 2 SD)

3. Davin Aubade (Kelas 9)

4. Amanda Trish Yeo (Kelas 11)

5. Jessica Oentoro (Kelas 11)

Masing -masing mereka memberikan medali perunggu untuk negeri tercinta Indonesia, mereka adalah salah satu pahlawan-pahlawan bangsa saat ini, membela dan mengharumkan negeri tercinta Tanah Air Indonesia. Bagaimana perjuangan mereka ?  Inilah jawaban dari perwakilan para peserta didik Saint Peter School :

" Saya belajar dirumah saat hari sabtu dan minggu dengan print out latihan soal yang diberikan guru dan tidak menyangka dapat juara", kata Jessica, Ia juga berpesan "Keep trying no matter what people say because you"ll never know if you don't try ( Tetaplah berusaha apapun yang diucapkan orang, karena kita tidak akan pernah tahu sebelum kita mencobanya ).

"Saya dari jauh hari sudah mempersiapkan dan mempelajari agar bisa mengikuti lomba, dan saya sangat senang dan kaget saat mendapatkan kabar kemenangan karena ada beberapa pertanyaan yang saya tidak mengerti, kata Davin . 

"Dalam keadaan pandemi seperti ini saya memiliki lebih banyak waktu untuk berlatih soal-soal dengan baik seperti yang diberikan guru dan rasanya menyenangkan sekali bisa memenangkan perlombaan ini"kata Amanda.

"Saya belajar pagi-pagi dan juga saat sabtu dan minggu ,saya merasa senang saat saya tahu saya mendapat medali perunggu", kata Ethan. 

Jawaban yang sangat sederhana dari seorang pahlawan kecil dengan senyum dan tawa ia menjawab, tak ada beban terlihat, tak ada susah terasa, hanya keceriaan seorang anak kecil biasa nampak dari wajahnya yang lugu, tak terasa air mata ini menetes, membayangkan dikala pagi hari, dan hari libur Ethan tetap berjuang, dikala mungkin anak yang lain tengah bermain namun Ethan memiliki semangat berjuang yang luar biasa,

Didalam tubuhnya yang kecil terdapat sel  DNA pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, saya kagum dan bangga, kelak badan yang kecil ini akan menorehkan sejarah yang besar buat bangsa Indonesia kedepan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terpandang dan terdepan.

Kesuksesan dan kemenangan bukanlah suatu kebetulan yang kita raih namun itu semua adalah hasil dari kerjakeras, tekad, semangat yang tak putus-putus dan disertai doa dan pengharapan kepada Tuhan, Kegigihan peserta didik yang terus mau berusaha dan berjuang serta doa dari para guru dan orangtua menjadikan satu ikatan yang sinergis membawa kemenangan yang luar biasa.

Hal ini juga lah yang membawa kita kepada keyakinan bahwa bangsa Indonesia akan keluar menjadi pemenang ditengah wabah pandemi Co-19, melalui pemimpin bangsa ini Bapak Jokowi beserta stafnya juga pemimpin kota yang kita cintai, dimana kita tinggal yaitu  Bapak Anies Baswedan beserta jajarannya ,yang sudah berusaha dan berjuang untuk bangsa ini, Tuhan lah yang akan memberikan kekuatan hikmat kebijaksanaan dalam menjalankan setiap tugas yang diemban bagi bangsa kita tercinta, kami segenap bangsa Indonesia mengikuti arahan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan dan mendukung dalam doa agar Tuhan yang luputkan kita semua dari pandemi ini, dan membawa kita kepada kemenangan melawan virus Co-19,dan kita lebih dari pemenang, karena Tuhan mengasihi bangsa Indonesia.

Tetaplah berjuang putra-putri Indonesia tercinta, kibarkan semangat perjuangan para pahlawan kepada dunia, taruhlah pengharapan kita kepada Tuhan, senantiasa jayalah Indonesiaku.

Selamat Hari Pahlawan

 

Salam Hangat


Leni Priska, S.Pd

#PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN

http://gurupenggerakindonesia.com



Profil 




Leni Priska, S.Pd
08551173282

Penulis adalah seorang guru kimia kurang lebih 11 tahun mengajar, terlahir di kota Jakarta, pada tanggal 11 Agustus 1985. Pada tahun 2016 penulis terpilih menjadi guru prestasi diwilayah Jakarta Utara dan Calon Instruktur Nasional. 

Saat ini Penulis masih aktif mengajar di Sekolah Saint Peter School,Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Blessed to be blessing adalah motto hidupnya, menjadi pribadi yang terus berbagi kebaikan Tuhan kepada orang lain untuk kemuliaan nama Tuhan.



40 komentar:

  1. Mantap, semoga menginspirasi semua guru dan murid di seluruh Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin🙏 Putra putri Indonesia adalah generasi penerus yg hebat,pasti qt bisa.

      Hapus
    2. Tulisannya sangat mengispirasi,semoga banyak orang yg membacanya..

      Hapus
  2. Luar biasa, berprestasi saat keadaan tak pasti

    BalasHapus
  3. terima aksih sdh memeriahkan lomba blog bulan bahasa dan sumpah pemuda

    BalasHapus
  4. luar biasa dedikasi dan bakti dari ibu guru leni...semoga ibu guru selalu berinovasi dan mencetak generasi2 muda indonesia yg berbakat dan berilmu pengetahuan yg berguna bagi nusa dan bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, bersama bergandengan tangan untuk kemajuan bangsa tercinta🤗

      Hapus
  5. Terimakasih banyak om Jay buat bimbinganya,semoga saya bisa jadi murid yg berhasil seperti yg om Jay ajarkan🤗🙏Sukses acaranya ya om

    BalasHapus
  6. Semangkaaaaaa... Tunjukan pada dunia siapa kitaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mariii tunjukkan Indonesia bisa,Indonesia hebatt

      Hapus
  7. Mantap sukses selalu, semakin diberkati

    BalasHapus
  8. Keren mba Leni. Sungguh menginspirasi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih🙏🙏sehat selalu ,Tuhan berkati qt semua

      Hapus
  9. Semangat ibu guru..tunjukan burung Garuda kita keseluruh dunia..cahyo

    BalasHapus
  10. Luar biasa jadikan anak bangsa yg berahlak mulia agar bangsa kita menjadi teladan melalui anak didikmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn semangaatt qt semua guru2 hebat Indonesia

      Hapus
  11. Tulisan yg sangat menginspirasi dan memberi semangat kpd kita semua bahwa masih ada harapan di titik terendah sekalipun kehidupan kita. Prestasi anak2 bukanlah segalanya, tp proses yg mereka tempuh dalam menggapai pretasi tsb patutlah kita tiru, walaupun keadaan pembelajaran tdk seperti biasanya tp mrk ttp mau untuk berjuang. Trimakasih bu guru leni untuk teladannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar teladan dari ibu guru Marta juga yang sudah ambil bagian mengajar anak2 tanpa lelah dan menghasilkan kemenangan luar biasa....Terimakasih bu Martha,Tuhan berkati selalu ,qt tetap semangat menjadi guru dalam situasi apapun.

      Hapus
  12. Terima kasih bu Leni, sangat menginspirasi dan memotifasi buat kami guru guru lainnya, ditengah pandemi ini untuk terus berjuang memberi yg terbaik untuk anak bangsa. Luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak Nius yang juga telah menginspirasi qt semua untuk terus sebarkan ilmu sampai wilayah timur Indonesia, NTT,,,sungguh pengabdian yang luar biasa..semoga Tuhan berkati selalu pengabdian pak Nius dimanapun berada

      Hapus
  13. mantap mama abelano dan vito,, semoga byk yang akan terinpirasi dan memang benar benar menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.. GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga qt semua tetap semangat dalam situasi saat ini,sehat selalu, Tuhan berkati

      Hapus
  14. Terus berkarya di dunia pendidikan dan selalu memberikan yang terbaik bagi anak anak bangsa yh ma abe kiranya semua guru dapat menerapkan seperti yg telah kamu lakukan Tuhan memberkati salam sehat Horas 🙏🙏❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, sehat qt semua dan Tuhan senantiasa memberkati qt dan keluarga.

      Hapus
  15. Mantap.

    Jika mau belajar bahasa, kunjungi blog saya di

    Belajar Bahasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Guru sudah mengizinkan saya kunjungi blognya, saya akan belajar ya pak mohon maaf tulisan saya jika belum memenuhi kaidah yang baik dan benar, mohon bimbingannya,Tuhan berkati Pak Guru :)

      Hapus
  16. Lanjutkan Ms Lenny. Semoga semakin banyak siswa-siswi yang memininati pelajaranmu. Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  17. Mantab Bu Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Tuhan menyertai perjuangan semua guru ditengah wabah co-19, semakin sabar, hikmat bijaksana.

    Ttd
    Ronal Ganteng

    BalasHapus
  18. Hebat.. tetap semangat walaupun dimasa pandemi.. smg dapat menginspurasi semua guru

    BalasHapus
  19. Luar biasa.. Maju terus untuk mencerdaskan generasi milenial harapan bangsa 👍🏼

    BalasHapus
  20. Tulisan yang baik dan memberi motivasi. Terus berkarya
    Kunjungi: bit.ly/haloged

    BalasHapus
  21. Tetaplah berjuang putra-putri Indonesia tercinta, kibarkan semangat perjuangan para pahlawan kepada dunia, taruhlah pengharapan kita kepada Tuhan, senantiasa jayalah Indonesiaku.

    sebuah kalimat hebat dari guru hebat
    https://www.gurusumedang.com/

    BalasHapus

Hadiah dari YPTD (Thamrin Dahlan)

Sore ini,  saat ingin mengantarkan anak saya latihan taekwondo ada suara yang memanggil nama saya paket ibu leni, sayapun bergegas keluar da...