Jumat, 06 Agustus 2021

CARA MENGATASI SISWA YANG MENGANTUK DAN MENINGKATKAN FOKUS SAAT PROSES BELAJAR ( Leni Priska, S.Pd)



Sebagai seorang guru kimia di salah satu sekolah swasta di DKI Jakarta, saya mendapatkan tugas dan tanggung jawab dari sekolah SPK Saint Peter School mengajar kimia di jenjang SMP dan SMA juga mengajarkan IPA dikelas 3SD.

saat melihat siswa  mengantuk dan tidak fokus saat qt mengajar membuat hati seorang guru rasa teriris silet ' agak berlebihan ya heheh  suatu tantangan tersendiri saat tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan tidak tercapai 

saya pun berdoa,memikirkan dan belajar dari berbagai sumber cara bagaimana agar anak proses belajar bisa berjalan tanpa rasa kantuk dan tetap fokus khususnya untuk anak sd, dan terpikirkan saya akan bermain games dengan mereka sebelum materi disampaikan.

saya memasuki kelas dan menyapa mereka satu persatu dan berkata pada mereka, guyz ibu ada games nih...horeeee main gamess teriak gembira para siswa .. kita main games apa bu? salah satu siswa bertanya . qt akan main games tebak gambar, jawab qu.

bagaimana bu cara bermainnya, baik, ibu akan jelaskan dulu kalian perhatikan ya, ibu akan memberikan potongan gambar suatu hewan, nah kalian tebak ya kira-kira nama binatang dari gambar tersebut , kalian tuliskan jawaban kalian ditabel yang ibu berikan, ditabel itu sudah ada nama kalian masing-masing, jadi jawablah ditabel yang terdapat nama kalian waktu yang diberikan 10 detik. apakah kalian mengerti ?

iya bu saya mengerti jawab siswa dengan serentak.saya sudah tidak sabar, teriak siswa lain yang sudah tidak sabar untuk bermain games. saya sangat senang sekali melihat respon mereka. Sayapun menshare screen potongan gambar yang sudah saya siapkan. Sudah siap anak2 tanyaqu, siap bu jawab semua siswa dengan semangat.

ok ini adalah potongan gambar pertama? apakah gambarnya jelas tanyaku, iya bu gambarnya jelas,serentak semua siswa menjawab, saya menampilkan potongan gambar kepala rusa.

ok waktunya 10 detik untuk kalian menjawab , dan merekapun satu persatu menjawab.ada yang menjawab rusa, kambing , jerapah ,kuda,

mari qt lihat jawaban nya yang benar, sayapun menampilkan gambar utuh dari potongan gambar itu, dan inilah jawaban yang benar  , serentak mereka berteriak dan tertawa hahahahha koq berubah jadi kura-kura , ah ibu curang diedit salah satu siswa ada yang kesal. namun sebagian besar anak-anak yang lain mulai penasaran ayo bu gambar kedua saya pasti bisa menjawab dengan benar celetuk para siswa, iya benar ayo bu gambar selanjutnya kami pasti bisa menjawab.

ok siaapp ibu akan share screen gambar selanjutnya dan saya pun memberikan gambar potongan wajah singa ... dan mereka pun mulai menjawab dan mengetik ditabel kolom yang disediakan, ada yang menjawab ular, kuda, ikan, singa, anjing laut, gajah, beruang ya jawaban mereka sudah mulai bermacam-macam jenis binatang, saya pun ikut tersenyum melihat jawaban mereka , mereka langsung memahami bahwa gambar yang saya berikan bukanlah nama hewan sesungguhnya, dan saat mereka memberikan jawaban pun mereka sesekali tersenyum dan tertawa dan bertanya benar ga  bu ada yang benar ga bu diantara kami, sedikit lagi jawab saya, mereka pun cepat2 menggati jawaban mereka karna waktu masih tersisa, ya waktu habis sudah 10 detik semua berhenti mengetik ada yang menjawab dengan benar , sahut saya wowww itu pasti jawaban saya, saya bu itu saya sahut yang lain

setiap siswa menyatakan bahwa jawaban mereka lah yang benar

dan sayapun tidak menyebutkan nama siswa yang menjawab dengan benar

mari qt lihat hewan apakah ini?

dan sayapun stop share pertanyaan dan share kembali jawaban dari gambar binatang tersebut

dan tarrrraaaaa jawaban yang benar adalaaaaaaaaaaaaahhhhh ini dia gambarnya

yeeeee aq benar jawab satu anak yang teriak kegirangan dan sambil tertawa , dan semua teman -temannya pun memberikan selamat dan berkata hebat tebakan kamu benar

hahahahah, semua tertawa lepas dengan gambar potongan kepala singa yang ternyata itu adalah seekor burung saat gambar utuh ditampilkan, ya hewan kedua adalah seekor burung.

dan ada satu siswa yang benar-benar kesal karena gambar yang disajikan benar-benar menurut nya tidak masuk akal , diedit sedemikian rupa hingga tidak bisa lagi mengenal yang sesungguhya.

sayapun tersenyum dan berkata ini lah yang kita sering lakukan, setiap kita memiliki keunikannya masing-masing terkadang tidak kita sadari keunikan dan kemampuan yang Tuhan sudah berikan pada kita, seperti pada gambar seekor burung dengan kepala, saat sang burung ingin terbang melintasi langit dia berpikir ah saya ga mungkin bisa ke atas sana karna saya hanya dapat  berjalan dan berlari saja,saya seekor singa tidak mungkin bisa terbang , dia berpikir dia adalah seekor singa yang hanya mampu melakukan aktifitas didarat , padahal sesungguhnya Tuhan karuniakan sayap untuknya terbang melintasi langit dan dapat berpindah tempat satu ke tempat yang lainnya dengan mudah dan cepat. namun sampai akhir hidupnya sang burung tidak pernah merasakan indahnya angkasa dan kebebasannya dalam terbang, semua hanya impian dalam hatinya tanpa pernah mencoba melakukan sesuatu yang dia cita-citakn, terkadang sama seperti qt, qt memiliki kemampuan yang luar biasa yang Tuhan berikan , tapi saat ada tantangan ataupun masalah qt pasti bilang ah ga akan bisa , saya kan ga mampu, saya bukan orang hebat,  dan akhirnya tidak mau berusaha dan mencoba ,

 

padahal kesempatan besar dan kemenangan Tuhan sediakan buat orang yang tidak menyerah dan mau berserah padaNYa, tidak selamanya hujan turun tidak selamanya terang muncul , masalah pasti ada tapi ingat ada kadaluarsanya.

 

saya mau jadi singa berbadan burung saat hujan dan banjir datang saya akan terbang ke atas bukit dan berteduh disana celetuk salah satu siswa dan gemuruh tawa terdengar lewat aplikasi zoom meeting dan senyum senyum wajahpun terlihat sangat jelas yang juga menyejukkan hati ini.

bu mau lagi dunx gambarnya , pinta salah satu siswa, dan diikuti yang lainnya iya bu mauuu lagi lagi lagi ... karena sudah ramai sekali suaranya saya mensilentkan semua suara dengan  mengklik mute all, semua suara hening sejenak ya inilah suatu keuntungan belajar secara online dapat menciptakan ketenangan dalam hitungan detik dengan mengklik tombol mute all , begitu mudahnya .:)

ibu akan memberikan games lagi pada pertemuan selanjutnya, kita lanjutkan materi minggu lalu ya.

aseekkk baik bu jawab siswa yang meng unmute kan audionya, saya pun menjelaskan materi pembelajaran menggunakan animasi video dan saat itu setiap siswa dengan senyuman menyambut materi dan tidak ada lagi kata saya mengantuk, diakhir pembelajaran saya memberikan quiz melalui menjawab pertanyaan dibalik kotak ajaib. saya membuat kotak ajaib disebuah slide powerpoint , saya membuat 20 kotak, dan setiap anak akan memilih satu kotak ajaib,dimana setiap kotak memiliki angka dari 1-20 dan disetiap kotak ada point juga ada pertanyaan , bagi yang mendapatkan point, maka point itu akan ditambahkan ke dalam nilai ulangan harian mereka, namun jika mereka mendapat pertanyaan setelah kotak dibuka maka jika mereka menjawab dengan benar akan mendapatkan point yang juga akan ditambahkan ke dalam nilai ulangan harian mereka.

 

untuk mengikuti fun quiz ini saya membuat nya dengan metode undian ya dengan menggunakan aplikasi wheel of names , yaitu dengan memasukkan nama anak-anak ke dalam sebuah roda yang berputar dan nanti roda akan berhenti di sebuah nama dan nama tersebut lah yang berhak mengikuti fun quiz ini, saat roda berputar para siswa ada yang menutup mata ada yang cemas ada yang ingin sekali berhenti dinamanya ya semua rasa dapat dilihat dari ekspresi wajah mereka saat menunggu perhentian akhir roda tersebut.

saat roda tersebut dan menampilkan nama siswa yeeeaaaahhhh itu saya teriak siswa yang sangat senang roda itu berhenti dinama nya dan dia pun berhak memilih satu dari 20 kotak ajaib yang disediakan 

kamu mau angka berapa nak? tanyaqu,

saya pilih no 18 bu, jawab siswa, ayo sama sama semua qt menghitung 1,2,3 untuk membuka kotak 18, ajak saya kepada murid-murid 1,2,3 kami pun menghitung sama-sama dan ternyata kotak 18 adalah sebuah pertanyaan, ya siswa tersebut membaca pertanyaan dan mampu menjawabnya , teman-temannya pun bertepuk tangan dan meneriakan yee hebat dapat point kamu selamat ya...ya dia pun tersenyum malu - malu bahagia dan diapun mengucapkan terimakasih. Siswa sangat senang bermain games dan tak ada siswa yang berkata mengantuk dan mereka dapat fokus dan cepat menyerap materi , sehingga bisa menjawab pertanyaan melalui fun quiz rasanya senang sekali dapat mencoba hal baru yang berdampak positif buat anak-anak.

 

setiap kita memiliki tantangan dan masalah sesuai dengan kapasitas masing-masing semoga cara yang saya berikan dapat bermanfaat bagi setiap yang membaca, mari kita terus berjuang dan tak patah semangat, seperti firman Tuhan yang tertulis



Kuatkanlah hatimu,

janganlah lemah semangatmu,

karena ada upah bagi usahamu!

2 Tawarikh 15 : 7


tetap semangat bapak/ibu guru hebat terus berdoa dan berusaha Tuhan pasti sertai dan tambahkan hikmat dalam pengajaran yang kita berikan untuk anak didik tercinta, GBU

tulisan ini terdapat dalam buku Antologi "Ketika Guru Dirindukan" diterbitkan oleh Pustaka Literasi Indonesia

 

2 komentar:

  1. terima kasih, bagus sekali pengalamannya

    BalasHapus
  2. Kalo sqya suka dekqti...trs saya belai...belai.......sambil menerangkan dgn suara agak kencang atau permainan

    BalasHapus

Murid ulang tahun, Guru mendapat kado

 Februari berseri, Murid Ulang tahun Guru Mendapat Kado Kegiatan disekolah pada umumnya belajar dan belajar, bagaimana memberikan warna da...