Sebagai seorang guru kimia di salah satu sekolah swasta di DKI Jakarta,
saya mendapatkan tugas dan tanggung jawab dari sekolah SPK Saint Peter School mengajar
kimia di jenjang SMP dan SMA juga mengajarkan IPA dikelas 3SD.
saat melihat siswa mengantuk dan tidak fokus saat qt mengajar membuat
hati seorang guru rasa teriris silet ' agak berlebihan ya heheh suatu tantangan tersendiri saat tujuan
pembelajaran yang sudah direncanakan tidak tercapai
saya pun berdoa,memikirkan dan belajar dari berbagai sumber cara bagaimana
agar anak proses belajar bisa berjalan tanpa rasa kantuk dan tetap fokus
khususnya untuk anak sd, dan terpikirkan saya akan bermain games dengan mereka
sebelum materi disampaikan.
saya memasuki kelas dan menyapa mereka satu persatu dan berkata pada
mereka, guyz ibu ada games nih...horeeee main gamess teriak gembira para siswa
.. kita main games apa bu? salah satu siswa bertanya . qt akan main games tebak
gambar, jawab qu.
bagaimana bu cara bermainnya, baik, ibu akan jelaskan dulu kalian
perhatikan ya, ibu akan memberikan potongan gambar suatu hewan, nah kalian
tebak ya kira-kira nama binatang dari gambar tersebut , kalian tuliskan jawaban
kalian ditabel yang ibu berikan, ditabel itu sudah ada nama kalian
masing-masing, jadi jawablah ditabel yang terdapat nama kalian waktu yang
diberikan 10 detik. apakah kalian mengerti ?
iya bu saya mengerti jawab siswa dengan serentak.saya sudah tidak sabar,
teriak siswa lain yang sudah tidak sabar untuk bermain games. saya sangat
senang sekali melihat respon mereka. Sayapun menshare screen potongan gambar
yang sudah saya siapkan. Sudah siap anak2 tanyaqu, siap bu jawab semua siswa
dengan semangat.
ok ini adalah potongan gambar pertama? apakah gambarnya jelas tanyaku, iya
bu gambarnya jelas,serentak semua siswa menjawab, saya menampilkan potongan
gambar kepala rusa.
ok waktunya 10 detik untuk kalian menjawab , dan merekapun satu persatu
menjawab.ada yang menjawab rusa, kambing , jerapah ,kuda,
mari qt lihat jawaban nya yang benar, sayapun menampilkan gambar utuh dari
potongan gambar itu, dan inilah jawaban yang benar , serentak mereka berteriak dan tertawa
hahahahha koq berubah jadi kura-kura , ah ibu curang diedit salah satu siswa
ada yang kesal. namun sebagian besar anak-anak yang lain mulai penasaran ayo bu
gambar kedua saya pasti bisa menjawab dengan benar celetuk para siswa, iya
benar ayo bu gambar selanjutnya kami pasti bisa menjawab.
ok siaapp
ibu akan share screen gambar selanjutnya dan saya pun memberikan gambar
potongan wajah singa ... dan mereka pun mulai menjawab dan mengetik ditabel
kolom yang disediakan, ada yang menjawab ular, kuda, ikan, singa, anjing laut,
gajah, beruang ya jawaban mereka sudah mulai bermacam-macam jenis binatang,
saya pun ikut tersenyum melihat jawaban mereka , mereka langsung memahami bahwa
gambar yang saya berikan bukanlah nama hewan sesungguhnya, dan saat mereka
memberikan jawaban pun mereka sesekali tersenyum dan tertawa dan bertanya benar
ga bu ada yang benar ga bu diantara kami, sedikit lagi jawab saya, mereka
pun cepat2 menggati jawaban mereka karna waktu masih tersisa, ya waktu habis
sudah 10 detik semua berhenti mengetik ada yang menjawab dengan benar ,
sahut saya wowww itu pasti jawaban saya, saya bu itu saya sahut yang lain
setiap siswa
menyatakan bahwa jawaban mereka lah yang benar
dan sayapun
tidak menyebutkan nama siswa yang menjawab dengan benar
mari qt
lihat hewan apakah ini?
dan sayapun
stop share pertanyaan dan share kembali jawaban dari gambar binatang tersebut
dan
tarrrraaaaa jawaban yang benar adalaaaaaaaaaaaaahhhhh ini dia gambarnya
yeeeee aq
benar jawab satu anak yang teriak kegirangan dan sambil tertawa , dan semua
teman -temannya pun memberikan selamat dan berkata hebat tebakan kamu benar
hahahahah,
semua tertawa lepas dengan gambar potongan kepala singa yang ternyata itu
adalah seekor burung saat gambar utuh ditampilkan, ya hewan kedua adalah seekor
burung.
dan ada satu
siswa yang benar-benar kesal karena gambar yang disajikan benar-benar menurut
nya tidak masuk akal , diedit sedemikian rupa hingga tidak bisa lagi mengenal
yang sesungguhya.
sayapun
tersenyum dan berkata ini lah yang kita sering lakukan, setiap kita memiliki keunikannya
masing-masing terkadang tidak kita sadari keunikan dan kemampuan yang Tuhan
sudah berikan pada kita, seperti pada gambar seekor burung dengan kepala, saat
sang burung ingin terbang melintasi langit dia berpikir ah saya ga mungkin bisa
ke atas sana karna saya hanya dapat berjalan dan berlari saja,saya seekor singa
tidak mungkin bisa terbang , dia berpikir dia adalah seekor singa yang hanya
mampu melakukan aktifitas didarat , padahal sesungguhnya Tuhan karuniakan sayap
untuknya terbang melintasi langit dan dapat berpindah tempat satu ke tempat
yang lainnya dengan mudah dan cepat. namun sampai akhir hidupnya sang burung
tidak pernah merasakan indahnya angkasa dan kebebasannya dalam terbang, semua
hanya impian dalam hatinya tanpa pernah mencoba melakukan sesuatu yang dia
cita-citakn, terkadang sama seperti qt, qt memiliki kemampuan yang luar biasa
yang Tuhan berikan , tapi saat ada tantangan ataupun masalah qt pasti bilang ah
ga akan bisa , saya kan ga mampu, saya bukan orang hebat, dan akhirnya
tidak mau berusaha dan mencoba ,
padahal
kesempatan besar dan kemenangan Tuhan sediakan buat orang yang tidak menyerah
dan mau berserah padaNYa, tidak selamanya hujan turun tidak selamanya terang
muncul , masalah pasti ada tapi ingat ada kadaluarsanya.
saya mau
jadi singa berbadan burung saat hujan dan banjir datang saya akan terbang ke
atas bukit dan berteduh disana celetuk salah satu siswa dan gemuruh tawa
terdengar lewat aplikasi zoom meeting dan senyum senyum wajahpun terlihat
sangat jelas yang juga menyejukkan hati ini.
bu mau lagi
dunx gambarnya , pinta salah satu siswa, dan diikuti yang lainnya iya bu mauuu
lagi lagi lagi ... karena sudah ramai sekali suaranya saya mensilentkan semua
suara dengan mengklik mute all, semua
suara hening sejenak ya inilah suatu keuntungan belajar secara online dapat
menciptakan ketenangan dalam hitungan detik dengan mengklik tombol mute all ,
begitu mudahnya .:)
ibu akan memberikan
games lagi pada pertemuan selanjutnya, kita lanjutkan materi minggu lalu ya.
aseekkk baik
bu jawab siswa yang meng unmute kan audionya, saya pun menjelaskan materi
pembelajaran menggunakan animasi video dan saat itu setiap siswa dengan
senyuman menyambut materi dan tidak ada lagi kata saya mengantuk, diakhir
pembelajaran saya memberikan quiz melalui menjawab pertanyaan dibalik kotak
ajaib. saya membuat kotak ajaib disebuah slide powerpoint , saya membuat 20
kotak, dan setiap anak akan memilih satu kotak ajaib,dimana setiap kotak
memiliki angka dari 1-20 dan disetiap kotak ada point juga ada pertanyaan ,
bagi yang mendapatkan point, maka point itu akan ditambahkan ke dalam nilai
ulangan harian mereka, namun jika mereka mendapat pertanyaan setelah kotak
dibuka maka jika mereka menjawab dengan benar akan mendapatkan point yang juga
akan ditambahkan ke dalam nilai ulangan harian mereka.
untuk
mengikuti fun quiz ini saya membuat nya dengan metode undian ya dengan
menggunakan aplikasi wheel of names , yaitu dengan memasukkan nama anak-anak ke
dalam sebuah roda yang berputar dan nanti roda akan berhenti di sebuah nama dan
nama tersebut lah yang berhak mengikuti fun quiz ini, saat roda berputar para
siswa ada yang menutup mata ada yang cemas ada yang ingin sekali berhenti
dinamanya ya semua rasa dapat dilihat dari ekspresi wajah mereka saat menunggu
perhentian akhir roda tersebut.
saat roda
tersebut dan menampilkan nama siswa yeeeaaaahhhh itu saya teriak siswa yang
sangat senang roda itu berhenti dinama nya dan dia pun berhak memilih satu dari
20 kotak ajaib yang disediakan
kamu mau
angka berapa nak? tanyaqu,
saya pilih
no 18 bu, jawab siswa, ayo sama sama semua qt menghitung 1,2,3 untuk membuka
kotak 18, ajak saya kepada murid-murid 1,2,3 kami pun menghitung sama-sama dan
ternyata kotak 18 adalah sebuah pertanyaan, ya siswa tersebut membaca pertanyaan
dan mampu menjawabnya , teman-temannya pun bertepuk tangan dan meneriakan yee
hebat dapat point kamu selamat ya...ya dia pun tersenyum malu - malu bahagia
dan diapun mengucapkan terimakasih. Siswa sangat senang bermain games dan tak
ada siswa yang berkata mengantuk dan mereka dapat fokus dan cepat menyerap
materi , sehingga bisa menjawab pertanyaan melalui fun quiz rasanya senang
sekali dapat mencoba hal baru yang berdampak positif buat anak-anak.
setiap kita
memiliki tantangan dan masalah sesuai dengan kapasitas masing-masing semoga
cara yang saya berikan dapat bermanfaat bagi setiap yang membaca, mari kita
terus berjuang dan tak patah semangat, seperti firman Tuhan yang tertulis
Kuatkanlah hatimu,
janganlah lemah semangatmu,
karena ada upah bagi usahamu!
2
Tawarikh 15 : 7
tetap semangat bapak/ibu guru hebat terus berdoa dan berusaha Tuhan pasti sertai dan tambahkan hikmat dalam pengajaran yang kita berikan untuk anak didik tercinta, GBU
tulisan ini terdapat dalam buku Antologi "Ketika Guru Dirindukan" diterbitkan oleh Pustaka Literasi Indonesia
terima kasih, bagus sekali pengalamannya
BalasHapusKalo sqya suka dekqti...trs saya belai...belai.......sambil menerangkan dgn suara agak kencang atau permainan
BalasHapus